Khasiat sarang semut papua



Khasiatnya luar biasa. Kanker dan lebih dari selusin penyakit maut lainnya bisa disembuhkannya. Ia adalah tumbuhan epifit yang menempel di cabang pepohonan jauh di pedalaman hutan tropis. Dikenal sebagai sarang semut.

Sarang semut (myrmecodia) kini mulai meluas dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Banyak ditemukan di belantara Papua, tumbuh menempel di cabang-cabang pepohonan. Hasil temuan terakhir, sedikitnya ada 10 spesies sarang semut yang tumbuh di pedalaman belantara Papua. Diantaranya: Myrmecodia pendans, Myrmecodia joniensis, Myrmecodia erinacea, Myrmecodia alata, Myrmecodia tuberosa, hydnophytum.

Walau banyak ditemukan di Papua, sarang semut bukan tanaman endemik daerah itu. Di pulau-pulau lain di Nusantara spesies sarang semut bisa ditemukan seperti di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Ambon.

Ukuran sarang semut juga beragam, tergantung pada varian spesiesnya. Biasanya bagian umbi sarang semut mengalami proses menggelembung sejalan dengan pertambahan usia tanaman. Daunnya juga beragam, ada yang membulat lonjong, ada yang memanjang. Namun rata-rata umbinya melonjong dengan tebaran duri bersusun pada pola tertentu di bagian luarnya.

Umbi sarang semut ini istimewa. Di antara lapisan “pagar” durinya biasanya ditemukan juga semacam cendawan. Lapisan dalam umbi ini memiliki banyak rongga dalam struktur acak. Rongga-rongga ini dimanfaatkan semut sebagai sarangnya. Mungkin dari sini lah asal nama sarang semut didapat.

Berdasarkan banyak studi ilmiah yang dilakukan terhadap spesies sarang semut, jenis yang paling popular adalah myrmecodia dan hydnophytum. Walau utamanya dihuni para semut, beberapa serangga termasuk amfibi dan reptil juga pernah dilaporkan hidup di dalam sarang semut. Seperti peran cendawan, hubungan sarang semut dengan mahluk selain semut belum terkuak dan masih diteliti.

Namun hubungannya dengan semut sudah diketahui. Inilah salah satu fokus penelitian ekologi dan zoologi yang berkaitan dengan epifit jenis ini. Sebab tumbuhan sarang semut menghasilkan semacam nektar yang mengandung glukosa. Ini menjadi pakan utama semut-semut yang berkoloni di dalam bagian rongga umbinya.

Lalu sarang semut juga sangat toleran bagi kehidupan semut-semut. Karena kemampuannya menyesuaikan dan menjaga kehangatan yang stabil di dalam rongga-rongganya. Misalnya jika udara terlalu dingin, sarang semut akan menaikkan suhu umbinya agar tetap pada kondisi normal.

Sementara manfaat balik dari semut terhadap sarang semut tentunya semcam “jaminan” perlindungan terhadap serangan herbivora dan predator lainnya.

Manfaat Kesehatan
Sejak dulu tanaman ini sudah dimanfaatkan oleh beberapa suku di pedalaman Papua sebagai obat. Biasanya diolah untuk mengatasi gangguan rematik dan asam urat.

Dari berbagai literatur, penelitian manfaat medis Sarang Semut memang sangat berkhasiat. Bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan adalah berbagai jenis kanker/tumor seperti: kanker otak, kanker payudara, kanker hidung, kanker lever, kanker paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat dan kanker darah (leukimia). Namun sarang semut belum terbukti mampu menyembuhkan kanker tenggorakan dan kanker rongga mulut.

Selain itu sarang semut juga efektif membantu penyembuhan berbagai macam penyakit gangguan jantung, ambien (wasir), rematik, stroke, maag, gangguan fungsi ginjal dan prostat, pegal linu, melancarkan ASI, melancarkan peredaran darah, bahkan memulihkan gairah seksual

Juga bermanfaat untuk penderita migren, mengingkatkan imunitas tubuh, dan mengobati penyakit Lever.

Pemanfaatan sebagai obat bisa dilakukan secara tradisonal maupun dalam bentuk ekstraksi dan obat olahan.

Manfaat pengobatan itu didapat dari kandungan senyawa yang terdapat dalam sarang semut. Seperti senyawa aktif antioksidan, flavonoida, glikosida, polifebol. Sarang semut juga terbukti mampu menghambat enzim xantin oksidan yang bisa memicu asam urat dan radikal bebas. (berbagai sumber)

2 komentar:

Mas Rudy mengatakan...

Dear Pak Sukimin,
Kalau Bapak mau mendapatkan Sarang Semut asli Papua, dengan harga murah, silahkan kontak saya, Rudy, di 0813.3032.3278 atau bisa berkunjung ke website saya, Sarang Semut Papua. Domisili saya di Sorong, Papua Barat. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Jual sarang semut aslil papua di sini....

http://berkhasiat.web.id/jualan/sarang-semut-papua-hesapua/

atau kunjungin situs www.berkhasiat.web.id

Atau langsung pesan sarang semut papua secara online ke 0813-80-262524 (Ryan) -- SMS/WhatsApp/Telegram/Line